07 September 2015

Sejarah Singkat Binus University

Nama UBINUS (Universitas Bina Nusantara) atau BINUS University sudah cukup populer bagi kalangan akademik di Indonesia. Yang sedikit membuat aku kagum adalah sejarahnya itu. Berawal hanya lembaga pelatihan komputer tapi sekarang sudah menjelma menjadi kampus yang megah. Tidak seperti kampus Polije tempat aku menimba ilmu yang memang sejak awal merupakan perguruan tinggi. 

Awalnya Binus university adalah sebuah Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Seiring dengan banyaknya peserta dan perkembangan pelatihan maka berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981yang melaksanakan pendidikan manajemen informatika dan teknik informatika. Pada 13 Juli 1984 ATK berubah menjadi AMIK Jakarta dan membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi. Nah, nama BINUS (Bina Nusantara) mulai digunakan AMIK pada 21 September 1985.

Sejarah Singkat Binus University
Kampus Anggrek BINUS University


Berkat usaha yang keras, akhirnya AMIK mendapatkan penghargaan akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986. AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Institusi ini kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) di bidang manajemen informatika dan teknik informatika.

Seiring perkembangan, managemen STMIK mendirikan Universitas Bina Nusantara pada 8 Agustus 1996 dan melebur STMIK dengan Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998 dengan program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen (Sekolah Bisnis), dan Doktor Riset Manajemen.

Kampus Binus University tersebar di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya.
  • Kampus Syahdan terletak di Jl. K H. Syahdan No. 9, Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat 11480.
  • Kampus Anggrek terletak di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530.
  • Kampus Kijang Kampus ini terletak di Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat 11480.
  • Kampus Alam Sutera terletak di Jl.Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan 15143.
  • Kampus JWC terletak di Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta Selatan 10270. Kampus ini hanya digunakan untuk program kuliah internasional.

Pada 23 Oktober 2014, Universitas Binus meluncurkan kampus terbarunya dengan mengadakan grand launching Binus University di Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Pada 29 April 2015, Binus dan PT. Summarecon Agung Tbk. melakukan penandatanganan perjanjian pembangunan Kampus Binus University di Bekasi. Kampus ini direncanakan akan dibangun diatas lahan seluas 36.400 m2 di Jalan Lingkar Bulevar Kota Summarecon Bekasi. Untuk tahap awal, pada Maret 2016 Binus akan membuka fasilitas perkuliahan online learning: BINUS UNIVERSITY LEARNING COMMUNITY (BULC) di perumahan elite Summarecon Bekasi.


Sejarah Singkat Binus University disarikan dari beberapa sumber - Catatan Devika


0 comments:

Post a Comment