28 January 2015

Almamater Terbaik Polije

Rasanya kurang lengkap jika aku tidak membahas Almamater Politeknik Negeri Jember (POLIJE) tempat aku mencari ilmu (bukan menuntut karena POLIJE nggak salah kok…).

Aku masuk almamater terbaik ini melalui UMPN (ujian Masuk Politeknik Negeri) yang diadakan 2013 serentak di Indonesia yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan UMPTN. Dan aku Cuma ikut UMPN saja, karena memang tujuanku ingin kuliah di sini. Alhamdulillah diterima dengan mulus.


Almamater Politeknik Negeri Jember (POLIJE)
Almamater Politeknik Negeri Jember (POLIJE)

Sejarah Singkat Polije

Politeknik Negeri Jember (POLIJE) awalnya bernama Politeknik Pertanian Negeri Jember yang bernaung pada Universitas Negeri Jember dan merupakan satu-satunya politeknik pertanian di Pulau Jawa, lainnya ada Lampung, Payakumbuh, Samarinda, Makasar dan Kupang.

Awalnya Politeknik Pertanian Universitas Jember sesuai dengan keputusan DIKTI  nomor 219/D/T/1988 tanggal 29 Oktober 1988 membuka 3 jurusan dan 5 program studi yang terdiri dari: 
  1. Jurusan Budidaya Tanaman Pangan dengan program studi Budidaya Tanaman Pangan
  2. Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan dengan program studi Budidaya Tanaman Perkebunan
  3. Jurusan Teknologi Pertanian dengan program studi Teknologi Pangan dan Gizi, Mekanisasi dan Bangunan Pertanian, Tata Air Pertanian
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990, bahwa politeknik merupakan salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional harus terpisah dan berdiri sendiri, maka berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 234/O/1998 tanggal 21 September 1998 dan keputusan senat Universitas Jember Nomor: 5919/PT32.H/E/1997 tanggal 1 Oktober 1997 tentang Kemandirian Politeknik. Dalam rangka pengembangan potensi institusional akademik dan kualitas sumberdaya manusia, maka Politeknik Pertanian Negeri Jember menjadi Politeknik Negeri Jember berdasar keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 191/O/2002 tanggal 5 Nopember 2002.

Almamater Politeknik Negeri Jember (Polije) 


Seiring perkembangan waktu dan tuntutan pengembangan pendidikan mandiri, Polije membuka jurusan baru yang tidak berkaitan dengan Pertanian yaitu: Teknik Informasi, Kesehatan, Bahasa Komunikasi dan Pariwisata dan Teknik dengan berbagai program studi. Namun Jurusan pertanian lah yang paling banyak program studinya.

Kalau aku, memilih jurusan paling baru yaitu Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata dengan program studi Bahasa Inggris Terapan. DIII dengan harapan almamater, lulusan diharapkan menguasai keterampilan Bahasa Inggris yang memadai untuk tujuan profesional diberbagai bidang seperti pariwisata, bisnis export-import, perhotelan, biro perjalanan wisata, perbankan, kesekretariatan, kursus bahasa, penerjemahan, penjuru-bahasaan, penerjemahan film, komunikasi massa dan hubungan masyarakat. Dengan memiliki kompetensi tersebut, lulusan dapat bekerja di berbagai posisi seperti tour guide, sekretaris, staf administrasi, asisten manajer, staf layanan pelanggan (CSO), praktisi bahasa, pemimpin acara (MC), presenter/penyiar, dll.

Jas Almamater POLIJE

Kini hari-hari dilewati dengan kuliah yang cukup padat bahkan sampai malam hari. Tapi aku tetap menikmati dan santai. Yang penting Happy..  apa iya jas almamater polije pesan di Penitishop.com Jual Almamater terbaik ? :) LOL

0 comments:

Post a Comment