05 June 2014

Wisata Pantai Lovina Bali

Liburan tahun baru 2014 kemarin, aku bersama keluarga menyempatkan mengunjungi wisata pantai Lovina Singaraja Bali. Dari Banyuwangi, nggak terlalu jauh, tinggal menyeberang dengan kapal Ferry dan kurang lebih 70 km lagi sudah sampai di Singaraja.

Wisata Pantai Lovina Bali


Dengan 2 mobil, yang satu mobil tua Daihatsu Zebra (tapi masih oke banget loh..) dan satu lagi Toyota Avanza beriringan menuju Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali tempat lokasi Pantai Lovina berada. Dari Gilimanuk, langsung belok kiri lewat Grokgak yang jalannya relatif sepi dan melintas hutan taman nasional Bali barat yang cukup panjang. Jalur ini memang cukup sepi, karena bukan jalur utama menuju Denpasar.

Awal rencana sih hanya main di sumber wedang dan pantai Pulaki, oleh karena itu berangkat agak siang dari Banyuwangi. Berhubung hari masih terang, dan ke Wisata Pantai Lovina hanya beberapa kilo lagi, maka perjalanan diteruskan setelah sejenak melihat Pura dan sekawanan kera di pantai Pulaki yang terletak di Desa Banyu Poh, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng bagian barat. Pura Pulaki terletak di kaki bukit persis di depan pantai merupakan salah satu Pura Hindu terbesar di Bali yang arsitekturnya didominasi oleh warna hitam dan batu putih, seolah-olah bukit yang diukir.

Pantai dan Pura Agung Pulaki
Pantai Pulaki dan Pura Agung Pulaki Buleleng Bali

Pura Pulaki memiliki pemandangan yang spektakuler untuk dinikmati oleh mata dengan pemandangan laut yang indah dan bukit-bukit yang akan mendinginkan suasana di hari yang panas. Ditambah tingkah laku kera (monyet) yang berkeliaran di dalam dan di luar Pura, mengambil sesaji yang dibawa oleh pengunjung. Pemandangan umum yang terlihat adalah orang-orang memegang tongkat untuk mengusir kera agar pergi.

Wisata Pantai Lovina Bali


Berwisata di Pantai Lovina Bali moment yang tepat adalah di pagi hari. Kawasan Lovina sangat terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan lumba-lumba liar di laut lepas. Untuk dapat menikmati pertunjukan dan menyaksikan tingkah laku lumba-lumba yang lucu dan bersahabat ini, mereka akan muncul antara pukul 6 pagi hingga 8 pagi. Pada jam-jam tersebut, puluhan lumba-lumba secara alami menunjukkan kegiatan berenang di permukaan air, ada juga yang melompat-lompat. Tentu hal ini akan membuat kita takjub.

Selain itu, kawasan Pantai Lovina Bali terkenal juga akan wisata taman laut di perairan Lovina. Kita dapat menyelam atau snorkeling untuk menikmati keindahan laut di pantai tersebut dengan aneka ragam ikan hias yang cukup ramah untuk mendatangi para penyelam. Meski tidak seibdah taman laut terkenal di Indonesia lainnya, namun akan cukup puas bermain-main dengan ikan hias di perairan ini.

Wisata Pantai Lovina Singaraja Bali


Berhubung aku dan rombongan datang sore hari, kegiatan wisata hampir dikatakan tidak ada. Ramainya turis kalau pagi hari. But Enjoy aja di Wisata Pantai Lovina Bali. Sekedar info Paket Wisata dan Tour Murah Indonesia Hanya di Piknikers.com

Foto-foto lainnya saat di Pantai Lovina Singaraja Bali

0 comments:

Post a Comment