06 April 2014

Inspirasi Kesetiaan bersama Cap Kaki Tiga

Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat - Banyak kisah atau kejadian yang dapat menjadi Inspirasi Kesetiaan, entah itu berasal dari kehidupan manusia maupun kehidupan hewan. Arti kata setia adalah: patuh, berpegang teguh pada janji, pendirian atau tetap dan teguh hati (dalam persahabatan) (KBBI). Sedangkan “kesetiaan” bisa diartikan sesuatu sikap tentang keteguhan hati, ketaatan dan kepatuhan. Setia merupakan tanggungjawab, konsekuensi dari apa yang diperbuat, dilakukan dan dihasilkan seseorang.

Larutan penyegar Cap Kaki Tiga mencoba menyadarkan dan mengingatkan kita kembali tentang arti pentingnya kesetiaan, seperti halnya slogan Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat. Mungkin saat ini, arti dan nilai kesetiaan sudah mulai menjadi sesuatu yang jarang terjadi. Kepentingan tertentu seakan membelenggu sifat setia yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap manusia. Nilai-nilai kesetiaan hakiki yang bisa menumbuhkan keharmonisan bagi hubungan antar manusia meski memerlukan pengorbanan.

Inspirasi Kesetiaan bersama Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat

Mungkin sudah banyak kisah sebuah keluarga yang tanpa disadari tersirat, tersurat arti sebuah kesetiaan baik itu yang kita baca atau pun kita lihat. Bisa jadi seperti kisah usia perkawinan langgeng berpuluh-puluh tahun atau saat kejadian dimana salah seorang anggota keluarga mengalami musibah. Aku pun melihat sebuah kesetiaan mendalam tanpa pamrih yang ditunjukkan oleh Eyang Kakung (kakekku).

Kisah yang aku ingat adalah, ketika Kung (nama panggilanku kepada kakek) sudah purna tugas sebagai Guru SD di Banyuwangi, beliau sering bepergian mengunjungi anak dan cucunya (Om ku) yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya. Kung sepertinya ingin berdua menikmati perjalanan jauh bersama Yangti (nama panggilan kepada nenekku) yang mungkin dulu tidak sempat dilakukan dengan alasan biaya karena lebih mengutamakan kepentingan anak-anaknya. Bisa jadi, Kung ingin menikmati kenangan kebersamaan berdua seperti awal perkawinan. Terkadang Kung juga mengajak salah seorang cucunya. Saat diajak ke Jakarta, aku melihat Kung dan Yangti begitu mesra meski keriput tampak di wajah. Terkadang Yangti merebahkan kepala di dada Kung dan dibalas dengan pelukan mesra tanpa menghiraukan penumpang kereta api yang lain.

Inspirasi Kesetiaan bersama Cap Kaki Tiga
kesetiaan Kung untuk Yangti seperti Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat

Kisah yang membuat aku semakin mengerti akan kesetiaan adalah saat Yangti jatuh di kamar mandi dan menghancurkan tulang panggul yang mengakibatkan Yangti tidak dapat berjalan, bahkan bangun pun tidak mampu. Yangti hanya bisa berbaring, semua keperluan dikerjakan oleh Kung mulai dari memandikan sampai menyuapi. Bahkan saat dibawa ke Surabaya untuk operasi, dengan susah payah Kung berangkat mengantar Yangti dengan menumpang travel. Jika pun mau, adik Yangti atau Om ku punya mobil dan pasti akan membantu, tapi Kung tidak mau merepotkan orang lain, termasuk anak-anaknya. Kabar operasi Yangti baru disampaikan setelah selesai, dan akhirnya berbondong-bondonglah semua anaknya datang ke RSUP Dokter Sutomo Surabaya. Hanya Kung sendiri yang menemani operasi Yangti.

Tabungan hasil uang pensiun habis untuk biaya pengobatan, untunglah ada Askes yang sedikit membantu biaya, dan lagi-lagi Kung menolak pemberian anak-anaknya. “Ini sudah tanggungjawabku, gunakan uang tersebut untuk kepentingan keluargamu,” ungkap Kung.

Operasi tidak mengembalikan kondisi seperti sediakala, Yangti diharuskan menggunakan kruk untuk menopang tubuh saat berjalan. Terkadang aku melihat Kung sengaja menyembunyikan kruk agar Yangti memanggil dan meminta tolong untuk mengantarkan, dengan dengan demikian Kung punya alasan untuk merangkul dan memeluk tanpa malu. Melihat kejadian ini aku tersenyum, namun dalam hati aku terharu, betapa setia dan cintanya Kung, meski kondisi Yangti tidak seperti dulu.

Beberapa bulan kemudian, kondisi kesehatan Yangti semakin menurun, dan hanya mampu berbaring saja. Namun Kung tetap menunjukkan rasa setia yang luar biasa dengan tidak akan meninggalkan Yangti selagi masih terjaga. Entah ngobrol dengan saling berbaring, atau melihat TV bersama. Kung baru akan meninggalkan setelah Yangti tertidur. Di rumah yang hanya tinggal berdua saja, setelah ke lima anaknya berada di lain kota. Terpaksa Kung meminta bantuan tetangga sementara waktu untuk menjaga saat ada keperluan di luar seperti mengambil pensiunan atau belanja kebutuhan. Tuhan memang Maha Bijaksana, Kung diberi kekuatan dan kesehatan dalam menjaga dan merawat Yangti dengan tulus, dan ini bukan dalam waktu singkat. Berbulan bulan dilakukan tanpa keluhan sedikitpun serta ikhlas menerima keadaan apapun yang terjadi, sampai Yangti dipanggil Tuhan di awal Januari 2010. 

Kesetiaan Kung untuk Yangti
Saat Yangti berbaring lemah - Kung Tetap setia

Usia perkawinan Kung mencapai 47 tahun. Terus terang, aku tidak begitu tahu banyak kehidupan Kung dan Yangti di masa lalu. Namun dari cerita Papa, saat mendapatkan cinta Yangti penuh perjuangan. Orangtua Yangti ragu akan Kung yang cuma guru SD dapat membahagiakan puteri tunggalnya itu. Apalagi Kung orang pendatang di Banyuwangi. Namun Kung berjanji akan bertanggungjawab atas tindakan mempersunting Yangti dan terbukti sampai akhir hayatnya. Dan Papa pun tidak pernah melihat adanya pertengkaran.  

Mama pun banyak cerita bahwa semenjak kecil aku sering mendapat perhatian Kung, bahkan Kung pernah jatuh sakit karena terlalu kangen padaku. Mungkin semua anak Kung yang berjumlah 5 itu laki-laki semua, sebagai cucu perempuan tentu aku sangat di manja oleh Kung maupun Yangti. Bahkan yang aku ingat saat di TK sampai SD, hampir setiap bulan, Kung mengirim paket berupa makanan ringan, mainan, dll. Dan ini bukan omong kosong, entah mengapa selalu ada beberapa botol larutan penyegar Cap Kaki Tiga. Mungkin ini ide Yangti, saat aku bayi selalu diberi sesendok larutan cap kaki tiga setiap harinya. Aku memang lahir di rumah Kung di Banyuwangi, karena ekonomi Papa Mama masih kurang dan Kung melihat hal tersebut. Setelah berumur 3 bulan dibawa Papa ke kota lain.

Dari kisah di atas, aku menangkap makna setia merupakan tanggungjawab, konsekuensi dari apa yang diperbuat, dilakukan dan dihasilkan. Kung tetap setia dan patuh akan janji yang diucapkan saat menikah. Kung tetap bertanggungjawab atas kehidupan rumah tangganya termasuk urusan biaya tanpa mengharap dari pihak lain termasuk anak-anaknya. Dalam kondisi apapun Kung tetap menerima dan memperlakukan Yangti dengan ikhlas. Dan mudah-mudahan aku mendapatkan seorang lelaki yang memiliki sifat seperti Kung dan mengajarkan kepada anak-anakku kelak. Seperti Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat.

Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat

Aku juga suka terhadap sifat kesetiaan dari seekor Gajah. Meski binatang besar dan kuat, ternyata gajah bisa menangis. Sebuah riset yang dilakukan Universitas Sussex oleh Dr. Karen McComb di Taman Nasional Amboseli, Kenya, membuktikan bahwa gajah akan menunjukkan reaksi yang sangat kuat saat menemukan bangkai dari jenis mereka sendiri. Saat menemukan seekor bangkai gajah, dia akan menyentuhnya dan menciumi bangkai tersebut untuk lebih mengenal dan mengingat kembali kehidupannya di masa lalu dan Gajah akan mengeluarkan air mata jika bangkai tersebut merupakan kelompoknya. Gajah menyadari pentingnya setiap anggota dari jenis mereka. Bahkan kesetiaan buta gajah ditunjukkan kerelaan tidak makan dan minum selama menunggu bangkai gajah dari gangguan makhluk lain sampai ia mati.


Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat
Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat

Penelitian dan kisah fakta tentang kesetiaan Gajah terhadap kelompoknya bisa menjadi contoh dan inspirasi kita bersama, bahwa kesetiaan memerlukan pengorbanan. Setia itu bukan hanya terbentuk di kala bahagia bersama belaka. Kesetiaan tetap ada saat orang di sekitar kita menderita atau bahkan tidak lagi seperti dulu yang seharusnya tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Setia dan cinta harus tanpa syarat, walau pun sudah tidak lagi bersama.

Kesetiaan itu menjadi inspirasi produsen larutan penyegar cap kaki tiga untuk setia memberi manfaat yang terbaik kepada konsumen selama 75 tahun. Salah satu wujud kesetiaan bersama dilakukan melalui  "Satu Aksi Berjuta Manfaat" dengan melakukan bakti sosial di Desa Ngantang, Jawa Timur, pada hari Senin, 24 Februari 2014.

Berikut Video penganugrahan rekor MURI untuk Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat.





16 comments:

  1. Larutan Cap Kaki Tiga selalu setia menemani-ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, nggak tahu pasti. Logo Triskelion atau tiga kaki seperti lambang negara kecil Isle of Man (koloni Inggris)

      Delete
  2. setia kepada Sang Pencipta adalah segalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, tapi perlu juga antar manusia

      Delete
    2. Benar, Bu. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Gajah mempunyai sifat penuh kedamaian dan kebersamaan. Satu gajah saja menakutkan apalagi berkelompok yang kompak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya jangan bikin gajah kesal dan kelaparan.. kalau ngamuk wuihh huu..hu

      Delete
  4. Sudah di halaman awal, semoga menang

    ReplyDelete
  5. Artikel telah diupdate dengan menambah kisah nyata keluarga kakekku. Semoga aku dapat suami seperti Kung yang setia.... Amin.

    ReplyDelete
  6. Wah... Blog ini mantep... Saya niat ikut kontes udah minder dulu ktika visit ke blog ini. Salam sukses buat admin blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, aku juga masih newbie n belajar ngeblog...
      Trims kunjungannya

      Delete
  7. mantap min infonya :)
    kunjungi juga min :)
    angga-android.blogspot.com

    ReplyDelete